Dalam masa pandemic karena virus corona 19 pendidikan
formal di indonesia melakukan pembelajaran secara online. Hal ini tentu
menantang bagi guru, karena mereka harus melaksanakan secara daring atau online
dengan media whatsap dan google entah itu google class atau google form. Para guru
harus memandu pembelajaran lewat whatshap atau pun google claas. Memberikan materi
melalui media tersebut menjelaskan melalui zoom, melakukan evaluasi dengan google
form.
Dalam mengajar seorang guru tentu harus
menyiapkan perangkat pembelajaran atau RPP, baik itu pembelajaran secara daring
atau pun luring. Rpp secara lurung tentu sudah banyak guru yang memiliki karena
mereka sudah mempersiapkan di awal pembalajaran. Nah di semester genap tahun
pembelajaran 2019 mereka harus ekstra keringat karena harus menyiapkan rpp
daring dan mengajar secara online juga tentunya.
Disini saya mau berbagi contoh rpp satu
lembar yang pelaksanaan pembelajaran secara daring. Contoh rpp yang akan saya
berikan adalah rpp khusus pendidikan madrasah khususnya mts kelas 7 semester
satu satau semester gasal. Berikut contoh rpp daring ski kelas 7 semester satu
atau gasal
1.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (DARING)
Satuan Pendidikan : MTsN
Mata Pelajaran : S K I
Kelas/Semester : VII / Gasal
|
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran
Pertemuan Ke :
1
|
Kompetensi Dasar :
3.1, 3.2 dan 4.1, 4.2
Materi : Kondisi Masyarakat
Arab Pra Islam
|
A.
TUJUAN
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat :
Ø Mengetahui Kondis Kepercayaan
Masyarakat Arab Pra Islam
Ø Mengetahui Kondis Sosial Masyarakat
Arab Pra Islam
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø
Media :
1.
Muatan Materi Power Point / Word sebagai
bahan ajar.
2.
Grup WhatsApp
|
Ø
Alat / Bahan :
-
|
Pendahuluan
|
· Salam, Doa dan apersepsi melalui media
Grup WhatsApp
· Guru mengecek kehadiran peserta didik
dan memberi motivasi
|
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan,
mengamati isi materi pada Power Point / Word. Mereka diberi tayangan dan
bahan bacaan terkait Kondisi (Kepercayaan dan Sosial) Masyarakat Arab Pra
Islam melalui Grup WhatsApp
|
Critikal Thinking
(Berpikir Kritis)
|
·
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, diberikan
kesempatan untuk bertanya dari materi Kondisi (Kepercayaan dan Sosial ) Masyarakat
Arab Pra Islam melalui Grup WhatsApp
|
|
Communication
|
·
Peserta didik diberikan kesempatan untuk
saling memberikan tanggapan dari pertanyaan yang disampaikan melalui Grup
WhatsApp.
|
|
Creativity
|
·
Peserta didik membuat kesimpulan tentang
hal-hal yang telah dipelajari terkait Kondisi (Kepercayaan dan Sosial ) Masyarakat
Arab Pra Islam.
|
|
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
· Memberikan kuis pada Grup WhatsApp
terkait pelajaran yang sudah dilaksanakan
|
C.
PENILAIAN
Sikap :
-
|
Pengetahuan : Grup WhatsApp
|
Ketrampilan : Kinerja
|
Mengetahui ….., 11 Juli
2020
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
…… ……
2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (LURING)
Satuan Pendidikan :
MTsN 7 Boyolali
Mata Pelajaran :
S K I
Kelas / Semester :
VII / Gasal
|
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran
Pertemuan Ke :
2
|
Kompetensi Dasar :
3.1, 3.2 dan 4.1, 4.2
Materi : Kondisi (Kepercayaan, Sosial, Politik dan
Ekonomi) Masyarakat Arab Pra Islam
|
A.
TUJUAN
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat :
Ø Mengetahui Kondisi Ekonomi Masyarakat
Arab Pra Islam
Ø Mengetahui Kondisi Politik Masyarakat
Arab Pra Islam
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø
Media :
1.
Worksheet/Lembar Kerja Siswa
2.
Lembar Penialaian
3.
LCD Proyektor
|
Ø
Alat / Bahan
:
1.
Penggaris, Spidol dan Papan Tulis
2.
Laptop dan Infocus
|
Pendahuluan
|
· Peserta didik memberi salam, berdoa,
menyanyikan lagu nasional (PPK)
· Guru mengecek kehadiran peserta didik
dan memberi motivasi (yel-yel / ice breaking)
· Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan.
· Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan langkah pembelajaran.
|
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan Literasi
|
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan terkait materi Kondisi (Kepercayaan, Sosial, Politik dan
Ekonomi) Masyarakat Arab Pra Islam.
|
Critikal Thinking
(Berpikir Kritis)
|
·
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Kondisi (Kepercayaan, Sosial, Politik
dan Ekonomi) Masyarakat Arab Pra Islam.
|
|
Communication
|
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukankemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan.
|
|
Creativity
|
·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Kondisi (Kepercayaan, Sosial,
Politik dan Ekonomi) Masyarakat Arab Pra Islam. Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.
|
|
Penutup
|
· Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
· Guru memberikan penilaian lisan secara
acak dan singkat.
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya dan berdoa.
|
C.
PENILAIAN
Sikap :
Lembar Pengamatan
|
Pengetahuan : LK Peserta Didik
|
Ketrampilan : Kinerja dan observasi
diskusi
|
Mengetahui …, 11 Juli
2020
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment