Wednesday, February 19, 2014

materi TIK 8 Mengenal open office.org writer 3


OpenOffice.org Writer dapat berjalan di tempat sistem operasi yang berbeda, yaitu: sistem operasi Linux, Windows, Mac, dan Solaris. Namun begitu, pada ke-empat sistem operasi tersebut memiliki langkah-langkah untuk memulainya yang sedikit berbeda. Dalam posting ini, kita akan menggunakan sistem operasi Linux dengan distro Ubuntu. Untuk pengguna pada sistem operasi Linux, menu yang digunakan untuk menjalankan program pengolah kata
OpenOffice.org Writer adalah sebagai berikut: 
Klik tombol Application.
Pilih Office.
Klik OpenOffice.org Writer.


Perhatikan, bahwa: sebenarnya penulisan OpenOffice selalu diakhiri dengan akhiran .org namun demi kepraktisan, maka terkadang akhiran tersebut tidak dituliskan.


Jendela aplikasi pengolah kata OpenOffice.org Writer ditunjukkan pada gambar diatas Lembar kerja OpenOffice.org Writer disebut juga dengan Document. Berdasarkan Gambar tersebut, komponen-komponen yang ada pada jendela program aplikasi pengolah kata OpenOffice.org Writer, terdiri dari 12 (duabelas) bagian yaitu:


Nomor/nama komponen: 
  1. Title Bar
  2. Menu Bar
  3. Kontrol Jendela
  4. Toolbar standar
  5. Formatting toolbar
  6. Horizontal Ruler
  7. Vertikal Ruler
  8. Scroll Bar Horizontal
  9. Scroll Bar Vertikal
  10. Drawing toolbar
  11. Status Bar
  12. Text Boundaries

a. Title Bar 


Berfungsi sebagai judul dan informasi nama file yang sedang aktif, atau sedang dijalankan. Terletak pada posisi paling atas pada jendela dokumen OpenOffice.org Writer.

b. Kontrol Jendela 


Tiga fungsi pada kontrol ini, yaitu:

Minimize windows: berfungsi untuk memperkecil tampilan OpenOffice.org Writer.
Maximize dan Unmaximize windows: berfungsi untuk mengembalikan ukuran tampilan pada OpenOffice.org Writer, dan juga untuk memperbesar tampilan jendela kerja program aplikasi OpenOffice.org Writer.
Close windows: berfungsi untuk menutup jendela program aplikasi OpenOffice.org Writer

Untuk dapat mengakhiri jendela program aplikasi OpenOffice.org Writer, ada 2 (dua) cara penggunaannya, yaitu: 
Cara pertama, digunakan untuk menutup lembar kerja tanpa mengakhiri, atau tanpa keluar dari program OpenOffice.org Writer, caranya: Klik menu File, kemudian pilih dan klik Close.
Cara kedua, digunakan untuk menutup lembar kerja dan mengakhiri, atau keluar dari program OpenOffice.org Writer, caranya: Klik menu File, kemudian pilih dan klik Exit, atau Klik tanda silang ( X ) pada komponen kontrol jendela
belajar komputer
belajar komputer
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: materi TIK 8 Mengenal open office.org writer 3; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

1 comment: