Tuesday, September 9, 2014

Pengertian Sanad Hadits Contoh

pengertian sanad hadits

Pengertian sanad Secara etimologi sanad adalah السَّنَدُ ما ارتَفَعَ من الأَرض في قُبُل الجبل أَو الوادي, bagian bumi atau jurang yang menonjol. Bentuk jamaknya adalah أَسْنادٌ. Atau juga bisa dikatakan dengan al-mu’tamad, sesuatu yang dipegangi dengan kuat.
       Sedangkan pengertian sanad secara terminologi menurut Mahmut Thohan adalah

سلسلسة الرجال الموصلة للمتن
Silsilah orang-orang yang menghubungkan kepada matan hadits.Yang dimaksud dengan silsilah orang-orang adalah rentetan rowi mulai yang pertama sampai yang terakhir bersambung kepada Rasul s.a.w. Jadi pengertian sanad ini adalah dilihat dari rentetan penyampai hadits secara keseluruhan, bukan secara parsial satu-persatunya mereka. Karena jika titik pandangnya adalah satu persatunya dari jumlah mereka, maka silsilah orang-orang tersebut disebutdengan rawi bukan sanad lagi.
       Sedangkan menurut M. Agus Sholahuddin mengutip pendapat Ajaj Al-Khotib, sanad adalah,
طريقة المتن او سلسلة الرواة الذين نقلوا المتن عن مصدره الاول
Jalan matan hadits atau silsilah rawi yang mentransformasikan redaksi hadits dari sumbernya yang pertama (Rasul saw).
       Dengan demikian, maka komposisi sanad hadits adalah seluruh pentransformer yang berada dalam jalur silsilah hadits, mulai mukhorrij yang mencatat hadits dalam buku haditsnya sampai Rasul saw. 
Contohnya adalah hadits
ثنا مُسَدد ثنا أبو عوانة عن داود بن عبد الله عن حميد الحميري قال : لقيت رجلا صحب النبي صلى الله عليه و سلم أربع سنين كما صحبه أبو هريرة قال " نهى رسول الله صلى الله عليه و سلم أن تغتسل المرأة بفضل الرجل أو يغتسل الرجل بفضل المرأة " زاد مسدد " وليغترفا جميعا "
Artinya: (Berkata Abu Dawud): Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami, Abu ‘Awanah dari dawud bin Abdillah dari Humaid Al-Himyari, ia berkata: “Aku pernah berjumpaseorang pria yang pernah bersahabat dengan Nabi saw. empat tahun lamanya, sebagaimana Abu Hurairah pernah bersahabat dengannnya, ia berkata Rasululllah saw. melarang perempuan mandi bekas air mandi laki-laki, atau laki-laki mandi bekas air mandi perempuan, tetapi hendaklah kedua-duanya mencedok air bersama-sama (dari tempat mandi). (H.R. Abu Dawud)
       Dalam hadits tersebut yang dinamakan sanad adalah
            ثنا مُسَدد ثنا أبو عوانة عن داود بن عبد الله عن حميد الحميري  قال : لقيت رجلا صحب النبي صلى الله عليه و سلم أربع سنين كما صحبه أبو هريرة قال " نهى رسول الله صلى الله عليه و سلم
Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami, Abu ‘Awanah dari Dawud bin Abdillah dari Humaid Al-Himyari, ia berkata: “Aku pernah berjumpa seorang pria yang pernah bersahabat dengan Nabi saw. empat tahun lamanya, sebagaimana Abu Hurairah pernah bersahabat dengannnya, ia berkata berkata Rasululllah saw. melarang, ....
                        Dari contoh hadits tersebut, sanad hadits yang bersankutan adalah Abu Dawud → Musaddad → Abu ‘Awanah → Daeud bin Abdillah → Humaid Al-Himyari → Seorang pria → Rasul s.a.w.





belajar komputer
Judul: Pengertian Sanad Hadits Contoh
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Om Ganyonk
Anda sedang membaca artikel Pengertian Sanad Hadits Contoh. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://mustwildan.blogspot.com/2014/09/pengertiansanadhadits.html. Pengunjung yang budiman beri kritik dan saran melalui form coment ya, jika berkehendak klik tombol g+. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment