Thursday, September 19, 2013

TIK kelas 8 Perangkat Lunak Pengolahan Kata 1


Sebagai paket Office yang semakin populer, OpenOffice.org  menawarkan  sejumlah kelebihan,  baik  dari  sisi  lisensi  ataupun teknis. Apa saja kelebihan OpenOffice.org dibanding Microsoft Office? Sebagai paket Office yang semakin populer,  OpenOffice.org  menawarkan  sejumlah kelebihan, baik dari sisi lisensi ataupun teknis. Apa saja kelebihan OpenOffice.org dibanding Microsoft Office?
 Boleh dikatakan, hampir tidak ada pengguna komputer  aktif  yang  tidak  mengenal  paket  office Microsoft  Office.  Sebagian  pengguna  komputer bahkan  tidak  bisa  bekerja  produktif  tanpa  produk tersebut. Sudah bertahun-tahun lamanya, Microsoft Office  menguasai  pasar.  Pengguna  semakin termanjakan  dan  tergantung.  Harga  lisensi penggunaan MS Office memang cukup berpotensi membuat  “jantungan”.  Harga  satu  paket  lengkap bahkan  bisa  lebih  mahal  dari  hardware  komputer yang cukup baru.
Dari  sisi  fitur,  harus  diakui  OpenOffice.org (ooo) belum  bisa  dibandingkan  dengan Microsoft Office. Namun, sebagian besar pengguna toh hanya membutuhkan sebagian kecil fungsionalitas, yang sudah dipenuhi dengan baik oleh OpenOffice.org. OpenOffice. org datang dengan semua komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari.
Selain itu, ooo juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh Microsoft Office. Kita akan membahas sepuluh diantaranya :
1.  Ketersediaan source code
2.  Berjalan pada banyak platform
3.  Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya
4.  Format OpenDocument yang terbuka dan fleksibel
5.  Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
6.  Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
7. Akses database yang luas dan transparan
8.  Wizard untuk konversi dokumen MS Office
9.  Sangat customizeable
10. User interface yang konsisten antar komponen
Arsitektur  program  OpenOffice.org  dan  sistem  komponennya  dikembangkan dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface Writer, Calc, Impress dan komponen  lain  sangatlah  konsisten.  Kita  bahkan  bisa  membangun  macro  untuk memanggil komponen tertentu dari OpenOffice.org. Bisa  kita  lihat, Openoffice.org  bukanlah  proyek  main-main.  OpenOffice.org sangatlah layak untuk digunakan dan diandalkan untuk membantu Anda tetap produktif. Jangan terus tergantung pada Microsoft Office. Ketergantungan itu tidak akan pernah selesai apabila kita tidak berusaha keras melepaskan diri.


belajar komputer
Judul: TIK kelas 8 Perangkat Lunak Pengolahan Kata 1
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Om Ganyonk
Anda sedang membaca artikel TIK kelas 8 Perangkat Lunak Pengolahan Kata 1. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://mustwildan.blogspot.com/2013/09/tik-kelas-8-perangkat-lunak-pengolahan.html. Pengunjung yang budiman beri kritik dan saran melalui form coment ya, jika berkehendak klik tombol g+. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment