Tuesday, December 18, 2012

Mustahil Jumlah Hadits Nabi Cuma Ribuan


Sebelum bicara panjang lebar ada baiknya kita ketahui pengertian dari hadits sendiri. Menurut para pakar panyak definisi dari kata tersebut, sepanjang saya membaca berbagai literatur pengertian hadits dapat dikatakan dengan sesuatu yang dikatakan, diperbuat, dan tidak dilarang oleh nabi muhammad saw.
Kurang lebih pengertiannya seperti itu kalau lebih jelasnya klik disini. Jika kita melihat usia muhammad saw menjadi nabi maka akan bertemu dengan angka 23, karena Muhammad saw diangkat menjadi nabi dan rasul umur 40 dan wafat umur 63. Dapat kita bayangkan 23 tahun adalah waktu yang tidak sedikit. Jika waktu tersebut digunakan untuk bicara atau berbuat kebaikan tentu tidak sedikit jumlah yang akan dihasilkan dari kehidupan Nabi Muhammad saw. 
Benarkah hadits nabi sangat banyak? Mari kita lihat dari berbagai data yang ada. Sebut saja abu hurairah yang dikatakan paling banyak mengeluarkan atau meriwayatkan terbanyak dari hadits nabi, ternyata imam ini hanya merewiyatkan 5.374 hadits. Sedangkan posisi kedua dipegang oleh abdullah bin umar yang meriwayatkan 2630, nomer 3 anas yang meriwayatkan 2286 sedangkan ummul mu'minin meriwayatkan 2210 hadits. Jika kita total semuanya maka akan berjumlah 12.500 hadits.masih juga sahabat lainnya yang meriwayatkan hadits akan tetapi, dari hadits diatas banyak hadits yang diriwayatkan oleh berbagai imam.
Tentu sangat sedikit dalam waktu 23 tahun hanya menghasilkan angka tersebut. Padahal dalam sehari saja kalau kegiatan dan perkataan kita dihitung tentu sangat banyak, apalagi nabi muhammad yang memang kegiataannya dakwah dan selalu mencontohkan kebaikan.
Saya curiga hadits nabi muhammad jumlahnya jutaan, namun kecurigaan ini masih belum terjawab dikarenakan tidak ada data atau bukti lagi selain yang tercatat dan terdokumentasikan dari jumlah tersebut.
tapi tenang dulu mustwildan.blogspot.com menemukan data yang bisa menggambarkan tentang itu kok, klik aja disini
belajar komputer
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Mustahil Jumlah Hadits Nabi Cuma Ribuan; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment