Monday, December 24, 2012

Daulah Safawiyah, Tiga Kerajaan Besar Islam Pasca Dinasti Abbasiyah (II)



Daulah Safawiyah berdiri pada tahun 1501 di Persia. Pendirinya adalah Syah Ismail, adapun nama Safawiyah dinisbahkan kepada nama Thariqah Safawiyah yang didirikan oleh Safiuddin Ishaq (1252-1334) di Ardabil Azerbayen. Sebenarnya Daulah Sawafiyah merupakan lembaga tasawuf atau thariqah, namun seiring berkembangnya zaman beralih menjadi gerakan religious-politik. Daulah inilah yang menjadi cikal bakal Negara Iran. Pemerintahan ini berkuasa selama 2 abad dan menganut aliran Syiah bahkan syiah dijadikan sebagai madzhab kerajaan.
Masa kejayaan dinasti ini terjadi pada kepemimpinan Syah Abbas (pemimpin ke-5). Hal ini ditandai dengan berkembangnya peradaban pertaniannya, sedangkan dalam bidang perdagangan sawafiyah sangat maju dengan menjadi penguasa jalur perdagangan antara barat dan timur. Dalam sector militernya Safawiyah berhasil mengalahkan pasukan usmaniyah yang ingin mengusai daerah kekuasaannya (Persia). Sedangkan peradaban seni dan arsitekturnya terbukti dengan berdirinya Istana Ali dan berbagai bangunan seperti Masjid yang sangat indah. Dalam bidang pendidikannya Safawiyah juga maju, hal ini terbukti dengan banyaknya lembaga-lembaga pendidikan serta lahirnya beberapa ilmuwan seperti Bahaudin al-Amili (generalis ilmu pengetahuan), Sadr al-Din al-Syirazi (filsafat), dan Muhammad Baqir (filsafat, teologi, dan sejarah).
Setelah dua abad berkuasa akhirnya dinasti ini hancur ketika masa pemerintahan Abbas III (1732-1736). Adapun runtuhnya kerajaan ini disebabkan oleh beberapa alasan diantaranya adalah merasuknya sikap hedonis kepada para pemerintah yang mengakibatkan konflik antar saudara untuk merebut kekuasaan, lemahnya militer yang didominasi oleh budak, pemaksaan madzab kepada rakyat, serangan daulah usmaniyah, dan serangan tentara suku Afghan.
daulah safawiyah adalah salah satu kerajaan islam besar setelah dinasti abbasiyah, jumlah kerajaan islam setelah daulah abbasiyah sangatlah banyak. dan yang terbesar salah satunya adalah daulah safawiyah, selain itu adalah daulah mughal dan sutsmaniyah. untuk mengetahui sejarah ketiga kerajaan islam tersebut bisa di klik disini, daulah mughaldaulah utsmaniyah

No comments:

Post a Comment