Monday, December 24, 2012

Daulah Utsmaniyah, Tiga Kerajaan Besar Islam Pasca Dinasti Abbasiyah (I)



Adalah sebuah kesultanan yang terletak di Istanbul Turki. Daulah ini didirikan oleh Utsman bin Artogol dari Dinasti Turki Seljuk Rum yang memerdekakan diri pada abad 14 M. Dinasti ini merupakan salah satu dinasti turki Seljuk yang mempunyai kekusaan pada masa pemerintahan Daulah Abbasiyyah. Kesultanan ini berhasil memimpin peradaban selama 6 abad lebih dengan kekuasaannya yang  meliputi Asia, Afrika, dan Eropa.
Masa kejayaan utsmaniyah berada pada masa kepemimpinan Sulaiman I (1520-1566), kejayaan ini tidak bisa lepas dari peranan daerah-daerah kekuasaannya. Hal ini ditandai dengan sistem ekonomi dan keilmuan  yang diadopsi dari bangsa Arab, norma dan etika diadopsi dari kebudayaan Persia, serta pemerintahan dan kemiliteran yang diadopsi dari Byzantium Romawi. Dalam pemerintahannya terbentuk Undang-undang yang disebutMultaqa al- Abhur dan kesatuan militernya disebut dengan Jenissari atau inkisyariah. Sayangnya daulah ini kurang memperhatikan bidang keilmuan yang mengakibatkan tidak adanya ilmuwan yang menonjol lahir dari Daulah Utsmaniyah.
Pada abad 20 M Dinasti Utsmaniyah hancur. Adapun kehancurannya disebabkan oleh beberapa hal, yaitu luasnya wilayah, tidak cakapnya pemimpin,  lemahnya semangat prajurit Jenissari dan hasutan Dinasti Bani Mamalik dari Mesir yang berujung pada pemberontakan, serta bangkitnya bangsa Eropa yang diawali dari renainsance. Setelah daulah ini hancur dilanjutkan dengan Republik Turki (1924) yang dipelopori oleh Mustafa Kemal Atarturk dengan mengadopsi system pemerintahan Barat dan menghapus kesultanan.
daulah utsmaniyah adalah salah satu kerajaan islam besar setelah dinasti abbasiyah, jumlah kerajaan islam setelah daulah abbasiyah sangatlah banyak. dan yang terbesar salah satunya adalah daulah utsmaniyah, selain itu adalah daulah mughal dan safawiyah. untuk mengetahui sejarah ketiga kerajaan islam tersebut bisa di klik disini, daulah mughal, daulah safawiyah

No comments:

Post a Comment